Susul Ayah-Ibu, Bocah Usia 8 Tahun Asal Gorontalo Positif Covid-19

Widiynews.com – Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Gorontalo kembali bertambah sehingga menjadi 15 orang. Pasien terbaru merupakan bocah berusia 8 tahun yang ayah dan ibunya juga positif Corona.

Juru bicara penanggulangan COVID-19 Provinsi Gorontalo, Triyanto Bialangi menjelaskan tim gugus tugas baru menerima hasil dari lab Makassar, Sulawesi Selatan. Hasilnya ada satu pasien yang terkonfirmasi positif setelah menjalani pemeriksaan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR).

Pasien 15 ini merupakan anak dari pasien 05 dan 06 yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Corona. Diketahui, pasien 05 yang merupakan ayah dari pasien 15 sudah meninggal dunia.

“Kita namakan pasien 15 karena sebelumnya kita ada sampai pasien 14, satu meningal dunia. Pasien 15 ini laki-laki usia 8 tahun, alamat Tolumubutao, Kecamatan Dungingi, Kota gorontalo. Pemeriksaan swab yang kedua positif. Pasien 15 ini, inisial AL anak dari almahuman HM kasus pasien 05 dan pasien FL 06,” kata Triyanto, Selasa (28/4/2020).

Dia menyatakan, pasien 15 serta pasien 05 dan 06 tiba di Gorontalo pada 3 April lalu dari Nunukan, Kalimantan Utara. Mereka tiba di Pelabuhan Kwandang Gorontalo Utara melalui alur laut.

“Pasien 15 pada tanggal 14 April dirujuk ke Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Gorontalo karena deman dan kejang dan sampai sekarang masih dirawat di RSAS. Pemeriksaan swab PCR-nya adalah negatif. Tetapi pada swab PCR yang kedua yang baru kami terima dikonfirmasi positif,” lanjut mantan Kadis Kesehatan Gorontalo itu.

Ditambahkan Triyanto, hingga Selasa siang ini, kasus pasien positif menjadi 15 orang. Satu dinyatakan sudah meninggal dan yang sembuh masih nihil.

Data yang didapat dari Gugus Tugas COVID-19 Gorontalo, tercatat orang dalam pemantauan (ODP) ada sebanyak 3.673 dengan rincian selesai ODP 3.249 dan dalam pemantauan 424. Sementara, Pasien dalam Pengawasan (PDP) ada 120 orang, selesai PDP 106 orang, sisa PDP 14 orang.[dtk]