Pandemi Corona, Pakai Cara Ini Pengguna Listrik 900 dan 1.300 VA Bisa Dapat Diskon!

Beberapa waktu yang lalu PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sudah memupuskan harapan pengguna listrik 900 dan 1.300 VA nonsubsidi untuk ikut menikmati fasilitas pemotongan tarif bulanan. Sementara fasilitas yang diberikan kepada pengguna listrik 450 VA dan 900 VA subsidi sebagai salah satu stimulus lawan pandemi Corona.

Namun kini secercah harapan bak muncul dari salah satu program teranyar YCAB Foundation. Tercatat ada diskon sebesar Rp100 ribu per pengguna 900 dan 1.300 VA terpilih.

Dikutip dari Kompas , YCAB telah dioperasikan dengan PLN untuk menyalurkan diskon dengan koneksi donasi listrik. Bagaimana maksudnya?

Rupanya YCAB akan menjaring para donatur untuk memberikan subsidi bagi para pengguna listrik prasejahtera tersebut. Donasi ini dikumpulkan oleh situs www.lightup.id .

Koleksi donasi itu akan diberikan kepada pengguna listrik nonsubsidi terpilih. Target awal dari program ini adalah 100 ribu keluarga prasejahtera yang dibagi dalam dua komunitas.

Komunitas pertama adalah 40 ribu ibu-ibu yang mengeluarkan usaha mikro di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung. Sementara yang kedua adalah 60 ribu masyarakat umum yang membutuhkan keringanan tagihan listrik.

Lantas bagaimana agar masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat mengakses donasi ini? Dilansir dari Tribun News , masyarakat pertama dapat segera mendaftar pada awal Mei 2020 melalui laman yang telah tertera sebelumnya.

Pendaftarannya sendiri dibuka pada 1 Mei 2020 mendatang. Tercatat sebanyak 5 berkas persyaratan yang harus dilewati calon penerima donasi, yaitu foto KTP, nomor ponsel, foto Kartu Keluarga, foto Tagihan PLN, dan foto rumah.

Penerima Manfaat akan ditabung dengan memperhatikan jumlah hal. Seperti kelengkapan pengisian data serta kecepatan pendaftaran, dimana yang mendaftar lebih awal akan diproses lebih dulu.

Ada urutan prioritas yang akan diterapkan YCAB, yaitu 900 VA nonsubsidi, 1.300 VA subsidi, dan terakhir 1.300 VA. Kemudian YCAB juga akan melihat pendapatan bulanan penerima Manfaat.